JAKARTA - Sebagai pengembang Software Akuntansi dengan  merk Zahir Accounting yang ditujukan untuk UKM, PT Zahir Internasional menyadari betul bahwa UKM sangat perlu untuk mendapatkan dukungan dalam pelaksanaan operasionalnya UKM di Indonesia saat ini sebagian besar masih dijalankan dengan cara tradisional. Padahal berdasarkan data dari BPS pada 2008 menunjukan Jumlah UKM di Indonesia mencapai 49,8 juta dan mampu menyerap tenaga kerja sebesar 91 juta (97,3%). Sektor UKM juga menyumbang PDB sebesar Rp 2,131 triliun dan memberi kontribusi terhadap ekspor nasional mencapai Rp 142,8 triliun (20,02%) dengan total investasi Rp 462 triliun (47%). (Sumber : Koran SINDO, Rabu 29 April 09 hal 38).


Selain itu, UKM juga lebih tahan terhadap tempaan krisis. Ketika krisis ekonomi melanda Indonesia tahun 1998, banyak perusahaan besar bertumbangan. Sebaliknya, sektor usaha kecil dan menengah (UKM) justru mampu bertahan, bahkan hingga kini. Sektor UKM terbukti mampu menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia.

Berkait dengan keberadaan UKM sebagai tulang punggung perekonomian nasional, PT Zahir International berupaya memainkan peran penting dengan menyediakan software akuntansi yang mereka butuhkan. ‘’UKM selama ini terbukti tangguh. Namun kelemahan mereka antara lain di bidang pembukuan, sehingga mereka kesulitan mengakses dan memperoleh dana dari bank. Karena itu, kami mengembangkan software akuntansi bernama Zahir Accounting yang kami rancang khusus untuk para UKM,’’ujar Direktur PT Zahir International, Muhamad  Ismail dalam suatu kesempatan di Jakarta.

Pada bulan April ini pula, diadakan sebuah Event Akbar yang bertajuk Pesta Wirausaha 2010 yang akan mengambil tempat di Balai Kartini Jakarta pada tanggal 10 dan 11 April 2010 dan akan dihadiri oleh lebih 1000 pebisnis yang sebagian besar adalah UKM. Acara yang sekaligus merupakan perayaan Milad ke 4 Komunitas Tangan Di Atas (TDA) tersebut merupakan kegiatan rutin yang diadakan tiap tahun yang mengumpulkan UKM di seluruh Indonesia yang menjadi Anggota Komunitas TDA. Oleh karena itu, dalam rangka menunjukan kepeduliannya terhadap UKM, di perhelatan untuk UKM tersebut , PT Zahir Internasional turut berpartisipasi menjadi salah satu Sponsor.
Di acara yang rencananya akan di hadiri oleh Jusuf Kalla (mantan Wakil Presiden RI), Dr. Syariefuddin Hasan (Meneg KUKM), Sandiaga Uno (Wakil Ketua KADIN), Chairul Tanjung (Trans TV), dan Ciputra serta pembicara lain PT Zahir Internasional memberikan 500 buah paket Staterkit Zahir Merdeka kepada para peserta Pesta Wirausaha 2010.

Zahir Merdeka adalah inovasi baru software akuntansi yang dapat digunakan dengan sistem voucher prabayar (sewa). Dengan sewa prabayar, konsumen cukup membayar untuk priode transaksi yang dibutuhkan. Aktifkan priode transaksi dengan voucher isi ulang Zahir Merdeka, maka konsumen dapat mencatat transaksi pada priode yang diaktifkan.

Secara keseluruhan, Zahir Merdeka hadir dengan empat pilihan Edisi untuk memenuhi kebutuhan berbagai bidang usaha. Edisi Small Business Accounting dijual Rp 34 ribu, Edisi Flexy Money Rp 103 ribu, Flexy Trade Rp 137 ribu, dan Edisi Personal juga Rp 137 ribu.

Muhamad Ismail menjelaskan bahwa kehadiran software akuntansi hebat tapi harganya hemat itu dimaksudkan untuk menjembatani para UKM yang memerlukan software akuntansi namun terkadang masih ragu mengeluarkan investasi di bidang IT, khususnya software akuntansi. ''Dengan adanya paket isi ulang dan harganya murah ini tak ada lagi alasan bagi UKM untuk tidak menggunakan software akuntansi, khususnya Zahir Merdeka. Kalau bisa sewa, kenapa harus beli'' tegasnya.

Zahir Accounting adalah sebuah produk ditujukan untuk membantu para pengusaha UKM mengambil keputusan. ''Lebih dari sekadar bicara akuntansi atau pembukuan, penggunaan Zahir Accounting akan sangat membantu para pengusaha mengambil keputusan bisnis. Karena itu, kami menyebut Zahir Accounting bukan sekadar software akuntansi, melainkan Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan (Deciscion Support System),'' tambahnya.

Produk Zahir Accounting sendiri dikembangkan sejak tahun 1996, di bawah PT Zahir International. Kini, di usianya yang  baru sekitar 14 tahun, PT Zahir Internasional telah menjadi salah satu perusahaan IT, khususnya software, yang diperhitungkan di Tanah Air. Zahir Accounting telah memenangkan sejumlah penghargaan bergengsi, baik tingkat nasional maupun internasional. Misalnya,  The Best APICTA Indoneesia 2003, Winner APICTA Indonesia 2002-2004, 50 Enterprise Company, dan yang terbaru, Juara I Teknopreneur Award 2008.  PT Zahir Internasional melalui software Zahir Accounting,  kini berhasil menapaki posisi sebagai market leader di bidang software akuntansi.

Hingga saat ini, Zahir Accounting sudah dipakai lebih dari 14.000 lisensi, yang umumnya merupakan UKM. ‘’Kami memang membidik segmen UKM, karena potensinya sangat besar. Disamping itu Zahir Accounting mempunyai sejumlah keunggulan dibandingkan software asing. Zahir Accounting merupakan software lokal yang sangat cocok dengan karakter bisnis di Tanah Air dan sangat mudah digunakan,’’ demikian Public Relation PT zahir Internasional, M Nizar menambahkan. **

Klik Judul Artikel untuk Baca Selengkapnya....

0 komentar